Mengupas 6 Fakta Unik Sekaligus Menarik Tentang Pohon Pisang

Mengupas 6 Fakta Unik Sekaligus Menarik Tentang Pohon Pisang – Kita pasti tidak asing bersama pisang. Buahnya banyak dijual di pasaran agar hampir setiap orang pasti dulu merasakan buah manis ini. Warna kuning adalah ciri khas pisang, kendati tersedia pula model pisang berwarna hijau atau merah.

Mengupas 6 Fakta Unik Sekaligus Menarik Tentang Pohon Pisang

sacportefeuilles.com – Namun terlepas berasal dari itu semua, dibalik hijaunya pohon pisang, ternyata pohon pisang termasuk punya beberbagai fakta-fakta mengejutkan yang terbilang unik. Memang apa sich keunikannya? Anda yang penasaran, tersebut adalah ulasannya :

1. Pohon pisang hanya berbuah sekali, lalu mati
Pada pohon pisang hanya tumbuh satu tandan pisang. Setelah berbuah, ia kemudian mati. judibolalive99 Namun, pohon pisang menciptakan tunas baru (tanaman bayi) sebelum akhirnya mati. Siklus ini berjalan sepanjang sepuluh tahun.

2. Pohon pisang tidak dapat mati sebelum menghasilkan tunas dan buah
Meskipun ditebang berkali-kali, pohon pisang dapat senantiasa hidup terkecuali belum berbuah. Ia dapat tumbuh kembali dan menghasilkan buah> ia termasuk dapat menciptakan tunas yang dapat tumbuh menggantikannya. Baru sehabis itu, pohon pisang dapat mati kala ditebang.

3. Pohon pisang punya batang yang dapat diolah menjadi makanan
Pohon pisang punya batang yang basah berair. Masyarakat Jawa menyebutnya gedebok. Di didalam gedebok terkandung cadangan energi. Tidak seperti batang kayu pada umumnya, batang pohon pisang tidak keras dan justru basah berair. Bagian tengahnya kadang dimanfaatkan sebagai lauk pendamping nasi. Terutama kala jaman penjajahan dulu, kakek-nenek kita seringkali memicu sayur bonggol pisang.

4. Pohon pisang punya bunga yang berwujud seperti jantung
Bunga pisang keluar pada ujung batang dan hanya sekali berbunga sepanjang hidupnya. Bunga pisang disebut jantung sebab bentuknya seperti jantung. Jantung ini berwarna merah tua, tetapi tersedia pula yang berwarna kuning dan ungu. Setiap jantung terdiri atas satu atau banyak dapat buah (sisir). Setiap sisir dilindungi oleh sebuah daun kelopak. Bunganya sempurna, tetapi pada ujung jantung umumnya berbunga jantan. Satu persatu dapat mekar dan nampak sisirnya. Ujung jantung tidak mekar agar tersisa jantungnya.

5. Pohon pisang sesungguhnya senang hidup didalam tempat yang lembab, tetapi tidak dapat hidup didalam genangan air
Tanaman pisang senang hidup di tempat yang tanahnya lembab dan terbuka enteng terkena sinar matahari, tetapi tanaman pisang tidak tahan hidup pada tempat yang tergenang air. Genangan air dapat memungkinkan timbulnya beragam penyakit agar memicu akar-akar pada tanaman pisang dapat membusuk.

7. Pohon pisang punya model buah yang beragam macam
Untuk jenis-jenis buah pisang itu sendiri tersedia sangat banyak. Di antaranya yaitu pisang kepok kuning, pisang kepok putih, pisang raja, pisang susu, pisang tanduk, pisang Ambon hijau lumut, pisang mas super, pisang siam, pisang putri, pisang nangka, pisang Ambon kuning, pisang badak, pisang barangan.

8. Pohon pisang punya keluarga berasal dari kalangan tanaman hias
Disadari atau tidak, terkecuali menyebut kata pisang, perihal itu termasuk dapat merujuk kepada keluarga pohon pisang yaitu pisang hias. Meskipun satu keluarga, pisang hias ini tidak dapat berbuah. Fungsinya sesungguhnya sebagai penghias pekarangan tempat tinggal saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *